Wisata Indonesia

Blog yang membahas berbagai Informasi publik terbaru dan terupdate Seputar Wisata Indonesia

11 Destinasi Wisata Klungkung Bali yang Bakal Puaskan Liburanmu

Author
Published 10.05
11 Destinasi Wisata Klungkung Bali yang Bakal Puaskan Liburanmu

 

Wisata Klungkung Bali

Klungkung adalah salah satu Kabupaten di Pulau Bali. Sama seperti kabupaten lainnya, Klungkung juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya pantainya saja, wisata Klungkung Bali juga meliputi wisata budaya yang identik dengan pulau Dewata ini.

Destinasi Wisata Klungkung Bali yang Layak Dikunjungi

Wisata Klungkung Bali

Jika kamu punya rencana menghabiskan liburan akhir tahun di Bali, ini dia beberapa destinasi wisata Klungkung Bali yang paling layak untuk dikunjungi:

1.      Pantai Suwehan

Pantai Suwehan merupakan pantai ikonik di kawasan Klungkung. Tidak seperti pantai di Bali lain yang ramai dikunjungi banyak wisatawan. Di Pantai Suwehan ini masih relatif sepi pengunjung. Mengunjungi pantai ini seperti mengunjungi pantai pribadi.

Pasir putih dengan air laut yang biru bening merupakan perpaduan yang sangat indah. Apalagi dengan bingkai batuan karang yang menjulang tinggi. Mirip seperti pantai fantasi yang ada di beberapa cerita dongeng.

Akses menuju Pantai Suwehan juga tidak sulit. Karena terletak di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Kamu bisa menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi, mobil sewa, atau taksi online yang banyak tersedia di Bali.

2.      Pasar Seni Samarapura

Wisata Klungkung Bali yang tak kalah menarik adalah Pasar Seni Samarapura. Yaitu sebuah pasar yang menjual berbagai karya seni. Terutama kain tenun khas Bali.

Sama seperti songket, kain batik, atau kain khas di berbagai daerah di Indonesia, tenun Bali juga dikerjakan secara manual. Inilah yang menyebabkan harga sedikit lebih mahal. Karena karakteristik dan nilai seni yang ada di dalamnya tetap dipertahankan meski membuatnya dibutuhkan waktu yang lama.

Kain songket Bali ini diproduksi dalam berbagai jenis dan warna. Kalau kamu berminat beli, datang saja di Desa Samarapura, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung Bali.

3.      Bukit Teletubbies

Seperti namanya, Bukit Teletubbies adalah gundukan bukit-bukit yang tidak terlalu tinggi. Persis seperti yang ada pada serial anak Teletubbies. Daya tarik wisata ini berada pada pemandangan bukit yang hijau sepanjang mata memandang.

Warna hijau ini didapat dari berbagai tumbuhan yang tumbuh subur di bukit ini. Seperti pohon juwet, pohon gamal, aneka macam rumput, dan tumbuhan lainnya.

Selain sebagai tempat yang paling nyaman untuk bersantai, alasan wisatawan berkunjung di sini adalah untuk berburu spot foto yang instagramable. Kalau kamu juga tertarik, langsung saja datang ke Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

4.      Manta Point

Bali selalu terkenal dengan pantai dan kekayaan biota lautnya. Salah satunya berada di Pantai Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Di sini wisatawan bisa menyelam dan menyaksikan dari dekat ikan pari manta. Jenis ikan pari besar yang langka di dunia. Tak tanggung-tanggung, panjang ikan pari manta di sini bisa mencapai 7 meter!

5.      Pantai Pasih Uug

Pantai Pasih Uug atau yang biasa disebut sebagai Broken Beach adalah salah satu wisata Klungkung Bali yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Tidak seperti pantai di Bali lain yang berpasir putih. Keunikan dan keindahan pantai ini terletak pada lengkungan karang.

Di pantai ini terdapat terdapat lubang karang yang unik dan menarik. Di lubang inilah wisatawan bisa memanfaatkan sebagai spot foto yang cantik. Dengan latar air laut yang biru jernih dan jajaran tebing karang yang kokoh.

Agar tidak hanya sebatas cerita, kamu bisa langsung datang ke lokasinya di Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

6.      Pantai Kusamba

Jika kamu tanya dimana pantai di Bali yang memiliki pasir berwarna hitam cantik? Jawabannya adalah Pantai Kusamba. Yang terletak di Desa Kusamba, Kecamatan Dawun, Klungkung.

Dari pantai ini kamu bisa melihat pemandangan Gunung Agung yang gagah dan eksotik. Beberapa nelayan yang hilir mudik dengan perahunya juga bisa dijumpai di sini.

Tapi tidak perlu khawatir. Meski digunakan untuk merapat perahu-perahu nelayan, pemandangan di sini masih tetap cantik. Karena tidak seperti pantai lain yang ombaknya ramah, pastikan kamu hanya bermain di bibir pantai saja.

7.      Mata Air Tembeling

Bali selalu kaya dengan lokasi-lokasi wisata alami yang disucikan. Salah satunya adalah Mata Air Tembeling. Yang terletak di Desa Batu Madeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Di sini terdapat mata air yang jernih dan segar. Biasa digunakan untuk berenang para wisatawan. Lokasinya cukup nyaman. Terletak di kawasan hijau dengan bebatuan alami layaknya candi yang indah.

Di sekitar mata air tembilang ini banyak terdapat pura yang disucikan. Seperti Pura Batu Bolong, Pura Persimpangan Ratu, dan Pura Pancuhan.

8.      Angel's Billabong

Dari namanya saja terkesan cantik. Iya, benar sekali. Sebuah pantai yang berlokasi di Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung ini sangat terkenal di kalangan blog traveler. Dinamakan Angel's Billabong karena menyajikan hamparan laut latar bukit karang yang indah.

Tapi bukan di situ saja titik keindahannya. Melainkan sebuah muara dari aliran sungai yang diapit oleh dua bukit karang yang kuat dan kokoh. Terdapat sebuah kolam yang menjadi pembatas langsung antara laut dengan sungai.

9.      Sungai Melangit

Masih belum menemukan wisata Klungkung Bali yang menarik? Jangan langsung pulang dulu. Karena di Sungai Melangit, kamu bisa berwisata petualangan dengan bermain rafting sepanjang 7 kilometer.

Sungai Melangit yang berlokasi di Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung ini memiliki arus yang deras dan bebatuan yang besar. Sering dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati olah raga arung jeram.

Tapi bagi kamu yang tidak menyukai wisata yang memacu adrenalin, tenang saja. Karena di sini kamu tetap bisa bersantai di anjungan Tukad Melangit. Menikmati pemandangan hijau segar yang sulit ditemukan di perkotaan.

10.  Pura Goa Lawah

Bukan goa biasa. Tapi goa yang didesain dengan karakteristik lokal budaya Bali. Terdapat pura suci yang biasa digunakan untuk beribadah masyarakat setempat. Maka tak heran jika pengunjung laki-laki diwajibkan memakai kain sarung khas Bali. Dan pengunjung wanita menggunakan selendang.

Tapi bukan itu saja daya tarik Gowa Lawah ini. Melainkan sekelompok kelelawar yang menghuninya. Aroma khas makhluk malam ini langsung tercium ketika masuk ke dalamnya. Suara decitan kelelawar juga menjadi suara magis yang diminati para pengunjung.

Lokasi Goa Lawah ini tidak sulit. Berada di Jalan Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

11.  Bukit Belong Gunaksa

Atau sering disebut sebagai tempat nongkrong kaum milenial. Tidak seperti tempat nongkrong anak muda yang identik dengan perkotaan, Bukit Belong Gunaksa justru menyajikan pemandangan hijau yang alami. Hamparan sawah yang membentang sepanjang mata memandang.

Meski berada pada area pedesaan, ternyata akses menuju Bukit Belong Gunaksa tidaklah sulit. Karena bisa ditempuh dengan menggunakan mobil. Tepatnya di Jalan Raya Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

Nah, itulah rekomendasi 11 wisata Klungkung Bali yang bisa kamu kunjungi untuk liburan akhir pekan. Karena masih dalam masa pandemi, pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi segala peraturan warga setempat.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021