Wisata Indonesia

Blog yang membahas berbagai Informasi publik terbaru dan terupdate Seputar Wisata Indonesia

Ada Rencana Tour ke Nusa Penida Bali? Simak Dulu Tips dan Info Selengkapnya

Author
Published 10.00
Ada Rencana Tour ke Nusa Penida Bali? Simak Dulu Tips dan Info Selengkapnya

 

Tour ke Nusa Penida

Pergi ke Bali belum lengkap rasanya tanpa tour ke Nusa Penida. Dibandingkan dengan kawasan Kuta atau Denpasar, Nusa Penida merupakan kawasan wisata yang lebih sulit untuk dijangkau. Karena berupa gugusan pulau yang selain harus ditempuh dengan jalan darat juga harus melalui jalan laut.

Tapi tidak masalah. Sedikit saja menambah waktu perjalanan wisata dengan menyeberang menggunakan fast boat atau kapal Ferry, kamu sudah bisa menikmati keindahan kepulauan Nusa Penida yang tidak ada saingannya di dunia.

Tertarik berkunjung ke sana? Baiklah. Kita akan bahasa lengkap mengenai Nusa Penida pada artikel ini.

Letak Nusa Penida

Tour ke Nusa Penida Bali

Nusa Penida merupakan kepulauan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Klungkung. Terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Masyarakat setempat lebih mengenal Nusa Penida dengan nama Nusa Gede. Karena dibanding dengan pulau-pulau sekitarnya, Nusa Penida adalah yang paling besar.

Perjalanan ke Nusa Penida memang membutuhkan waktu yang lebih lama dengan jalan yang tidak mulus. Tapi semua itu tidak menyurutkan minat wisatawan mengunjungi pulau ini. Karena memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Warna biru air laut yang dikelilingi dengan bukit sangat memikat siapapun yang datang ke sana.

Tak hanya itu saja. Dataran yang cukup landai biasa dimanfaatkan untuk sekedar duduk santai sambil menghirup aroma pantai yang segar. Terlebih lagi saat senja datang. Warna jingga sunset seperti magnet yang menarik bagi para fotografer profesional.

Daya tarik Nusa Penida tidak hanya alamnya saja. Tapi juga wisata konservasi. Di sana juga menjadi tempat konservasi hewan-hewan langka. Seperti penyu hijau ataupun burung jalak bali. Jadi, selain kamu bisa nyari spot foto sekaligus santai, kamu juga bisa wisata edukasi sambil melihat hewan-hewan langka tersebut.

Kapan Waktu Terbaik untuk Berkunjung?

Tour ke Nusa Penida Bali

Bagi kamu yang baru melihat Nusa Penida dari beberapa foto di Internet, pertama kali yang ada di fikiran adalah keinginan menikmati waktu santai di alam yang serba hijau. Memang seperti itulah keadaan Nusa Penida kalau kamu mengunjunginya pada musim penghujan.

Sayangnya, berkunjung pada musim hujan membuatmu tidak bebas menjelajah pulau ini. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk menjelajah pulau ini. Dan tentu saja, itu menuntut waktu liburan tour ke Nusa Penida lebih lama juga.

Untuk itulah, waktu terbaik mengunjungi Nusa Penida adalah musim kemarau. Di ssaat curah hujan tidak terlalu tinggi. Kamu bisa bebas eksplorasi tanpa khawatir perjalananmu terganggu karena hujan.

Tapi kamu juga perlu sedikit menahan kecewa. Ketika pohon-pohon tak sehijau seperti apa yang ada di foto. Karena pada saat musim kemarau, pepohonan tidak sehijau pada saat musim penghujan. Warnanya agak coklat kekeringan.

Selain musim kemarau, pastikan juga kamu berkunjung ke Nusa Penida pada saat low season atau di luar hari libur. Bali sebagai daerah pariwisata akan sangat padat saat high season atau musim liburan. Wisatawan yang datang tidak hanya dari dalam negeri saja. Tapi juga turis asing dari luar negeri. Dengan berkunjung di waktu sepi kamu bisa menjelajah lebih luas lagi.

Selain itu, berkunjung saat low season akan membuat budget liburanmu semakin murah. Karena biasanya pada saat liburan, biaya pesawat, hotel, hingga masuk ke destinasi wisata meningkat tiga kali lipat. Jika kamu tidak mau liburan dengan harga yang fantastis, pastikan tour ke Nusa Penida di luar waktu libur nasional.

Akses Menuju Nusa Penida

Tour ke Nusa Penida Bali

Sebelum memutuskan berkunjung ke Nusa Penida, ada satu hal yang perlu kamu ketahui. Transportasi yang sering digunakan untuk menyeberang adalah dengan menggunakan fast boat. Yang memakan waktu kurang lebih selama 40 hingga 45 menit. Bagi kamu yang tidak kuat dengan angin laut, ini bisa jadi sesuatu yang menakutkan.

Tak jarang yang mengalami mabuk laut saat menyeberang dengan fast boat ini. Bahkan mereka rela basah selama perjalanan karena cipratan air dari fast boat saat melaju. Tentu ini bukanlah perjalanan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Terutama lansia.

Jadi pastikan kamu memiliki daya tahan tubuh yang fit sebelum tour ke Nusa Penida. Karena perjalanannya saja cukup menantang. Apalagi eksplore di Pulaunya. Diperlukan fisik yang kuat agar liburan ke sana bisa lebih berkesan.

Bagi kamu yang memilih menyeberang dengan menggunakan fast boat, bisa langsung menuju dermaga di Pelabuhan Sarangan, Pantai Sanur, dan Pantai Kusamba. Sedangkan kamu yang lebih memilih menggunakan Ferry, bisa langsung menuju Pelabuhan Padang Bay.

Ada 4 pelabuhan di Nusa Penida. Yaitu Pelabuhan Toya Pakeh di Nusa Penida Barat. Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida timur. Pelabuhan Buyuk yang diperuntukkan bagi penumpang kapal Ferry. Dan Pelabuhan Banjar Nyuh jika kamu berangkat dari Pantai Sanur.

Agar tidak salah, sebaiknya tanyakan pada petugas. Pelabuhan mana yang akan kamu tuju sesuai dengan destinasi wisata yang kamu tuju.

Objek Wisata di Nusa Penida

Tour ke Nusa Penida Bali

Tour ke Nusa Penida memang tidak bisa selesai dalam satu hari. Kamu harus menentukan pilihan sesuai dengan prioritas. Destinasi mana yang paling ingin kamu datangi. Berikut beberapa pilihan destinasi wisata sesuai dengan wilayah Nusa Penida.

1.      Nusa Penida Barat

Dari tiga kawasan Nusa Penida, bagian barat adalah yang paling banyak dikunjungi. Karena akses yang lebih mudah. Jika kamu juga tertarik mengunjunginya, bersiaplah menemukan lukisan alam indah yang sering kamu lihat pada foto-foto yang tersebar di internet.

Pada bagian barat ini lebih banyak ditemukan wisata pantai. Seperti Pantai Uwug atau yang biasa disebut Broken Beach, Angel's Billabong Nusa Penida, Pantai Kelingking lengkap dengan bukitnya, dan pantai crystal Bay. Dibutuhkan waktu lebih dari sehari untuk bisa mengunjungi semuanya.

2.      Nusa Penida Timur

Puas di Nusa Penida bagian barat. Kamu bisa langsung beralih tour ke Nusa Penida pada bagian timur. Sama seperti Nusa Penida bagian barat. Nusa Penida bagian timur juga dominan wisata pantai. Meski ada juga beberapa destinasi lain selain pantai.

Destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Nusa Penida bagian timur adalah Pura Goa Giri Putri, Raja Lima atau yang sering disebut pulau seribu, Pantai Atuh, Pulau Berlian atau Diamond Beach, Bukit Tanglad atau yang lebih terkenal dengan Bukit Teletubbies, dan Pantai Suwehan.

3.      Nusa Penida Selatan

Jangan puas dulu kalau sudah mengunjungi Nusa Penida Barat dan Timur. Karena masih ada Nusa Penida Selatan yang destinasi wisatanya tak kalah menarik. Seperti Bukit Banah, Air Terjun Peguyangan, dan Manta Poin.

Kamu bisa menikmati semuanya dengan bebas meski budget liburan terbatas. Karena banyak paket hemat liburan Nusa Penida yang ditawarkan agar liburanmu lebih bermakna.

Nah, itulah sedikit informasi terkait tour ke Nusa Penida. Meski memang akses ke sana memang tidak mudah, tapi tidak ada salahnya mencoba untuk merasakan sensasi liburan di alam bebas yang indah. Pastikan juga tetap mematuhi protokol kesehatan agar liburan tetap sehat tanpa dihantui Covid-19.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021