Wisata Indonesia

Blog yang membahas berbagai Informasi publik terbaru dan terupdate Seputar Wisata Indonesia

Nusa Penida Wisata Bahari Paling Eksotis

Author
Published 08.00
Nusa Penida Wisata Bahari Paling Eksotis

 

Nusa Penida Wisata

Keindahan Nusa Penida wisata bahari bukanlah omong kosong belaka. Bukan sebatas nuansa keindahan yang terambar dalam bidikan kamera semata. Para traveler sejati, baik lokal maupun internasional, telah banyak yang membuktikannya sendiri. Bahkan, tidak berlebihan jika kita menyebutnya bagai serpihan surga di langit yang diturunkan ke bumi.

Nusa Penida Wisata Jenis Bahari yang Paling Eksotis

            Bentuk garis pantai yang unik, bentangan yang luas, formasi karang, pasir putih, dan jernihnya air laut di Nusa Penida adalah faktor-faktor yang menjadikan pantai-pantai di sana bernilai tinggi di mata wisatawan yang pernah menyinggahinya.

            Nusa Penida wisata bahari biasa dituju untuk beberapa kepentingan, seperti:

·         Menyalurkan hobi diving dan snorkeling. Beberapa kawasan perairan di Nusa Penida memang aman untuk diselami karena air lautnya tenang, jernih, dan visibilitasnya bagus. Saking jernihnya, saat musim kemarau cahaya matahari menembus masuk sehingga jarak pandang kita saat menyelam bisa mencapai 10 hingga 20 meter. Keistimewaan seperti itu tidak akan kita dapatkan pada pantai-pantai yang airnya kelam karena kotor dan arusnya terlalu kencang.

·         Melakukan sesi pemotretan. Kepentingan lain orang berkunjung ke Nusa Penida wisata bahari ialah untuk melakukan sesi pemotretan seperti foto preweding, foto honeymoon, foto buku tahunan, atau sebatas melengkapi koleksi panorama hasil bidikan sendiri.

·         Berbulan madu. Nusa Penida memang jadi lokasi berbulan madu/honeymoon yang banyak diincar oleh pasangan pengantin baru. Selain karena pemandangannya yang elok, vibes di Nusa penida yang tenang pas sekali untuk memupuk keintiman bersama pasangan.

·         Healing. Berkunjung ke tempat wisata tidak melulu untuk bersenang-senang. Sebagian orang ada yang datang untuk mencari ketenangan setelah jenuh menghadapi riuhnya kehidupan kota. Kondisi alam Nusa Penida wisata bahari yang jauh dari polusi mampu membuat pikiran dan hati jadi lebih tenang.

·         Gathering atau Outing. Wisata bahari Nusa Penida juga kerap dipilih sebagai tempat kegiatan gathering atau outing bersama keluarga, rekan kantor, maupun kawan sekolah/kuliah. Tempatnya yang luas serta sarana dan prasarananya yang sudah semakin memadai, memang cocok untuk acara seru-seruan di alam bebas.

Daftar Pantai di Nusa Penida Wisata Bahari

·        

Nusa Penida Wisata

Crystal Bay

            Crystal bay atau dengan sebuatan lain cyristal beach merupakan salah satu tempat yang “wajib” banget dikunjungi jika ingin membuktikan betapa indahnya Nusa Penida wisata bahari. Eksotismenya sulit diwakilkan lewat kata-kata.

            Posisi pantai yang menghadap ke barat sekaligus menjadikannya titik terbaik untuk menyaksikan detik-detik terbenamnya matahari. Di kota Anda akan tidak akan bisa menemukan tempat terbaik melihat sunset karena sudah pemandangannya sudah dikuasai oleh rimba beton.

            Keindahan lainnya terletak pada warna pasirnya yang putih dan berbutiran halus seperti serbuk. Begitupun dengan jernihnya air laut Crystal bay yang bahkan membuat kita bisa melongok pemandangan bawah laut dengan begitu mudah dari atas perahu. Bila terkena sorot matahari, air laut beserta pasir pantai tampak berkilau persis batu kristal.

            Tapi jika ingin mendapatkan pengalaman lebih, sebaiknya jangan sia-siakan kesempatan untuk snorkeling atau diving. Sebab, alam bawah laut Crystal Bay termasuk dalam segitiga terumbu karang dunia. Itu artinya, akan ada banyak sekali koral segar dan binatang laut yang ternutrisi dengan baik di sini.

            Istimewanya lagi, pada musim-musim tertentu kita bisa melihat Mola-mola atau Sunfish di perairan ini. Mola-mola termasuk salah satu ikan purba yang masih bertahan hingga meski populasinya sudah semakin langka. Bahkan, di Indonesia cuma ada Alor dan Crystal Bay ini lho.

·         Pantai Kelingking

            Bila Crystal Bay identik dengan kemilau pasir dan air lautnya, maka Pantai Kelingking identik dengan barisan tebing-tebingnya yang berbentuk unik dan curam. Bahkan salah satu tebing yang berbentuk kelingking telah menjadi icon dari pantai eksotik ini sekaligus spot foto favorit para wisatawan.

            Dari puncak tebing kita bisa memandang landscape pantai yang sedemikian memukau. Keindahannya membuat kita bersyukur tinggal di negeri ini. Air laut yang biru berbenturan dengan warna kaki tebing yang kehijauan sehingga menghasilkan suatu gradasi yang menakjubkan. 

            Sama halnya dengan Crystal Bay, di sini kita juga bisa snorkeling dan diving. Tapi kalau tidak ingin basah-basahan, rebahan di atas pasir pantai yang putih, empuk dan hangat sambil minum es kelapa muda rasanya sudah sangat menyenangkan.

·         Atuh Beach 

            Koleksi Nusa Penida wisata bahari lainnya ialah Atuh Beach atau Pantai Atuh. Pantai yang satu ini memang tidak setenar Pantai Kelingking dan Crystal Beach. Tapi bukan berarti pesona alamnya kalah indah. Kendalanya ada di sarana dan prasarana yang belum terkelola dengan baik, sehingga belum banyak wisatawan yang memutuskan berkunjung ke sini.

            Namun, di lain sisi justru suasana yang tidak terlalu ramai itulah yang membuat kita dapat menikmati keindahan alam di sekitar pantai ini. Begitu pepohonan rindang yang dipertahankan, udara bersih, dan semilir angin seolah-olah menegaskan di sinilah tempat ternyaman untuk bersantai.

            Atuh Beach dipagari oleh tebing-tebing tinggi. Pada salah satu tebing yang terdapat di sana menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunset, sekaligus bentangan pantai dengan sebaran pulau-pulau karang di tengah-tengahnya. Pantai ini juga aman untuk berenang atau menyelam dikarenakan ombak lautnya terbilang bersahabat.

·         Pantai Suwehan

            Di kalangan traveler, Pantai Suwehan sering dibilang surga tersembunyi. Sebab tempatnya memang tidak terlalu mudah untuk dijangkau. Sehingga Pantai Suwehan jarang direkomendasikan dalam agenda tour. Padahal, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang bukan main indah. Apalagi warna airnya yang biru marine itu jarang sekali kita temukan di pantai-pantai lain.

            Hanya saja untuk mencapai tempat ini, kita harus rela melewati jalur yang antimainstream. Lintasannya penuh bebatuan, menurun, dan cukup licin di musim penghujan. ‘Dan, semua itu harus kita lewati dengan berjalan kaki karena lokasinya belum memungkinkan untuk dilewati oleh kendaraan roda dua sekalipun.

            Namun, jerih payah Anda akan terbayar begitu melihat keindahan pantai ini. Seakan-akan Anda terhipnotis dan lupa pada lelah yang Anda rasakan.

·         Tembeling

            Ada lagi nih wisata bahari yang tidak kalah eksotis di Nusa Penida. Tembeling namanya. Tadinya di sini kita bukan hanya ada pantai, tapi juga sebuah kolam yang terbentuk secara alami. Hanya saja karena peristiwa longsor, tanah dari atas tebing yang berdiri di atas kolam tersebut berjatuhan dan menutupi kolam sepenuhnya. Tinggallah dua pantai yang terbagi dua bagian dengan ciri khas masing-masing.

            Pantai yang pertama berciri khas ombak kencang dengan banyak batu di sekitarnya. Karena begitu seringnya bebatuan tersebut tertampar ombak, maka permukaan bebatuannya jadi hijau keungu-unguan. Pantai kedua terletak bersebelahan dengan pantai pertama. Banyak bebatuannya juga, tapi uniknya bukan batu yang tersusun secara alami seperti pada pantai pertama. Melainkan batu yang sengaja disusun oleh manusia. Walau ombaknya tidak sekencang pantai pertama, namun tetap saja tidak terlalu aman apalagi bila Anda bukan seorang perenang yang andal.

            Itulah daftar nusa penida wisata bahari yang paling eksotis. Segera siapkan agenda perjalanan Anda dan temukan pengalaman berkesan selama berada di Nusa Penida.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021