Wisata Indonesia

Blog yang membahas berbagai Informasi publik terbaru dan terupdate Seputar Wisata Indonesia

Objek Wisata di Nusa Penida yang Paling Diincar Turis

Author
Published 16.00
Objek Wisata di Nusa Penida yang Paling Diincar Turis

 

Objek Wisata di Nusa Penida

Pesona Pulau Bali dengan segala tradisi dan objek wisata yang dimilikinya memang tak pernah habis untuk dibahas. Rasanya, tak puas bila kita hanya berkunjung 1-2 hari saja. Sebab banyak sekali tempat-tempat indah yang layak dieksplore. Contoh saja objek wisata di Nusa Penida yang menyedot perhatian publik terutama turis mancanegara dalam beberapa tahun terakhir.

Sayang sekali jika kita berkesempatan menginjakkan kaki di Bali, tapi tidak menyinggahi Nusa Penida untuk membuktikan keindahan alam yang ramai dibicarakan itu. 

Di Mana Nusa Penida Itu?

Objek Wisata di Nusa Penida

Nusa Penida merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau-pulau kecil di sebelah tenggara Pulau Bali. Tak jauh dari Nusa Penida, terdapat pulau-pulau kecil lainnya yang dinamakan Pulau Lembongan dan Pulau Ceningan. Ketiganya berada di bawah naungan payung pemerintahan Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

            Nama Nusa Penida mulai mencuat ke permukaan sekitar sepuluh tahun silam. Menyadari bahwa Nusa Penida bagian dari “harta karun” Pulau Bali, maka dari tahun ke tahun sektor pariwisata terus mengalami kemajuan. Infrastruktur serta fasilitas objek wisata Nusa Penida semakin komplit sehingga memudahkan para turis beraktivitas selama berada di sini.  

Daftar Objek Wisata Nusa Penida       

Objek Wisata Nusa Penida

Daftar objek wisata Nusa Penida di bawah ini diurut secara random, bukan berdasarkan standar keindahan masing-masing orang. Yuk kita kenali satu per satu:

1.      Pantai Kelingking

            Pantai Kelingking pernah menduduki peringkat ke sembilan sebagai pantai paling cantik di Asia versi CNN travel. Bahkan untuk skala dunia, Pantai Kelingking berhasil menduduki peringkat kesembilan belas. Tidak berlebihan memang. Sebab, pesona alamnya yang natural memang menakjubkan.

            Di pantai ini terdapat sebuah tebing yang penampakannya mirip dengan jari kelingking. Itulah ihwal mengapa pantai ini dinamakan dengan Pantai Kelingking. Namun pada titik tertentu, karang tersebut juga terlihat seperti lengkung tulang dinosaurus atau T-Rex. Sehingga sebagian orang menyebutnya dengan nama Pantai T-Rex.

            Untuk melihat bentukan alam Pantai Kelingking secara menyeluruh, kita perlu menaiki bukit tertinggi yang berada di Pantai Kelingking. Untuk memudahkan wisatawan, telah dibangun anak tangga menuju puncak bukit.

Memang cukup menguras energi karena ketinggiannya, namun dibanding mendaki bukit yang permukaannya bergelombang, jelas lebih mudah mencapai puncaknya lewat satu per satu anak tangga.

            Pantai Kelingking berpasir putih. Lingkungan sekitarnya masih saat asri dan bersih. Air lautnya biru jernih, namun ombak dan arusnya kadangkala kurang bersahabat. Jadi harus tetap waspada ya. Terutama bagi yang ingin diving dan snorkeling, pastikan Anda didampingi oleh pemandu profesional.

2.      Angel’s Billabong

            Objek wisata di Nusa Penida dominan terbentuk secara alami. Sedikit sekali yang terbentuk atas prakarsa manusia. Karena itu turis-turis yang datang ke sini akan terkagum-kagum menyaksikan bentukan alam yang natural, otentik, dan sedemikian indah.

            Angle’s Billabong masuk dalam daftar objek wisata di kawasan Nusa Penida yang ramai disasar turis lokal maupun mancanegara. Objek wisata yang satu ini benar-benar unik dan jarang kita temukan di tempat-tempat lain. Bentuknya berupa kolam yang diapit oleh tebing karang yang meliuk-liuk dan berkontur unik.

            Kolam ini sebetulnya merupakan ujung sungai yang bermuara ke laut atau diistilahkan dengan sungai buntu (billabong). Ujung sungai yang sedikit lebih tinggi dari bibir pantai membuat air tertahan sekaligus terpisah dari air laut. Selain air kolam yang jernih dengan pantulan kehijauan dari lumut di dasar kolam, kita akan menemukan banyak sekali ikan-ikan berenang yang terjebak di ujung kolam.

            Dengan latar belakang lautan luas dan berpagar tebing karang di kiri kanan menjadikan visual tempat ini sungguh eksotik. Tak heran banyak yang mengistilahkannya sebagai kolam pemandian bidadari.

3.      Pasih Uug (Broken Beach)

            Oleh masyarakat setempat objek wisata yang satu ini dinamakan Pasih Uug. Namun, di kalangan turis mancanegara lebih dikenal dengan Broken Beach atau pantai rusak. Eits, jangan salah sangka dulu! Biar dinamakan Broken Beach, tapi “kerusakan” yang dimaksud sama sekali bukan sesuatu yang mengecewakan. Malah justru sebaliknya.

            Kerusakan yang dimaksud terjadi pada sebuah batu karang setinggi 200 meter yang menjorok ke laut. Karena selalu dihantam air laut, lama-lama batu ini mengalami “pengeroposan”. Sehingga pada bagian tengahnya bolong sebesar mulut goa. Di bawah lubang besar tersebut mengalir air laut dengan debur ombak yang terus menampar-nampar dinding karang.

            Saking indahnya objek wisata Nusa Penida yang satu ini, hampir tak ada diksi yang pas untuk menggambarkan keindahannya. Memang harus Anda yang membuktikannya sendiri dengan mata kepala.

Satu hal yang perlu diingat, hati-hati tergelincir bila Anda bermaksud berdiri atau berjalan di atas batu karang tersebut. Sebab, ombak di bawah tak segan-segan menyeret Anda ke tengah laut dan butuh usaha keras untuk bisa kembali ke daratan. Kecuali Anda memang bernyali besar dan punya skill berenang yang mumpuni.

4.      Raja Lima

             Jika di Papua ada objek wisata tersohor Raja Ampat, maka di Nusa Penida ada Raja Lima yang tak kalah mempesona. Laiknya Raja Ampat, di Raja Lima Nusa Penida kita akan disuguhkan pemandangan laut lepas dengan pulau-pulau kecil yang tersebar di tengah-tengahnya. Barisan batu-batu karang yang menjorok ke laut hadir menyempurnakan tampilan tempat ini. 

            Untuk mendapatkan pemandangan atau spot tercantik dari Raja Lima, maka kita harus ikhlas mengeluarkan tenaga menapaki satu per satu anak tangga menuju dataran tertinggi. Suatu keajaiban juga dapat kita temukan di sini yakni mata air di bibir laut yang rasanya tidak asin sebagaimana air laut. Bahkan, tidak pernah surut walau diterpa kemarau. It’s really magic!

5.      Diamond Beach 

            Jangan pernah lewatkan Diamond Beach dalam daftar kunjungan Anda ketika berada di Nusa Penida. Anda menyesal bila tidak menyempatkan diri menyaksikan keindahan secuil “surga” di bumi ini.

Diamond Beach merupakan pantai berombak tenang dengan beraneka biota laut yang komplit dan terjaga. Karena itu, Diamond beach kerap kali jadi pilihan turis-turis yang ingin snorkeling atau diving.

            Nama Diamond Beach sendiri tidak terlepas dari ciri khas pantai ini yakni puncak-puncak tebing yang berbentuk runcing. Bila diperhatikan secara seksama dari kejauhan, bentuknya memang mirip dengan diamond. Selain itu, pasir putihnya tampak mengkilap persis pantulan diamond. Sungguh pesona alamnya akan terekam lama dalam ingatan Anda.

6.      Manta Bay

            Manta Bay turut mengharumkan nama Nusa Penida di kancah internasional. Betapa tidak, wisata bahari yang satu ini dinobatkan sebagai salah satu tempat snorkeling dan diving di dunia. Manta Bay sendiri merupakan teluk yang berada di salah satu pulau kecil di Nusa Penida. Perairannya tenang dan bersih. Uniknya, sering dilalui oleh kawanan ikan manta atau pari raksasa.

            Bagi Anda yang ingin berenang bersama kawanan ikan pari langsung di habitatnya, datang saja ke Manta Bay. Bukan hanya itu, Manta Bay juga cocok dijadikan tempat untuk bersantai dengan tenang karena pengunjungnya belum seberapa ramai.

            Itulah 6 objek wisata di Nusa Penida yang paling diincar turis. Simpan informasi ini sebagai modal referensi Anda saat berkunjung ke sini suatu saat nanti.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021