Wisata Indonesia

Blog yang membahas berbagai Informasi publik terbaru dan terupdate Seputar Wisata Indonesia

Tips Berlibur Hemat dengan Paket Tour Nusa Penida 2021

Author
Published 09.00
Tips Berlibur Hemat dengan Paket Tour Nusa Penida 2021

 

Paket Tour Nusa Penida 2021

Sejauh ini pulau Bali masih jadi salah satu destinasi wisata kebanggaan Indonesia. Begitu banyak wisatawan yang terkesan dengan keindahan dan adat istiadat masyarakat di pulau ini dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tak heran bila paket-paket perjalanan wisata ke Bali yang travel agent selalu ramai peminat. Bahkan, saat pandemi tengah merajarela pun paket tour Nusa Penida 2021 masih banyak yang booking.

            Akan tetapi, sebagian orang beranggapan bahwa wisata ke Bali atau paket tour Nusa Penida 2021 itu mahal. Sehingga mereka memutuskan menunda rencana jalan-jalan ke Bali atau justru hanya menjadikannya sebuah mimpi seterusnya. Padahal banyak cara untuk berlibur ke Bali tanpa menggelontorkan biaya terlampau besar.

            Pastinya kamu penasaran kan bagaimana sih tips berlibur hemat ke Bali dengan paket tour Nusa Penida 2021? Nah berikut jawabannya.

Cek Kalender, Tentukan Jadwal yang Tepat

            Banyak orang yang memilih jadwal keberangkatan ke Bali pada musim liburan. Tapi tahukah Anda bahwa perjalanan wisata yang dilakukan saat musim libur justru akan menyerap biaya dan tenaga lebih besar ketimbang pada bulan-bulan biasa.

            Apa sebab?

            Tingginya permintaan konsumen terhadap tiket transportasi, akomodasi, atau paket-paket tour wisata, menjadi celah bagi para pelaku usaha untuk mendapat keuntungan lebih. Semangat orang berwisata saat musim liburan tak menyurutkan keinginan mereka untuk berangkat sekalipun terdapat selisih harga yang lebih mahal. Tak tanggung-tanggung, kenaikan harganya bisa mencapai 3 kali lipat!

            Maka dari itu jika Anda menginginkan konsep liburan hemat, jadwalkan keberangkatan Anda di luar musim libur seperti libur Idul Fitri, natal, dan tahun baru. Selain menyoal harga, berwisata di musim-musim libur itu sebenarnya justru merepotkan. Sebab Anda harus rebutan booking seat transportasi dan akomodasi agar tidak keduluan dengan yang lain.

            Bahkan “skenario” terburuk yang kerap terjadi, Anda mendapatkan standar pelayanan yang lebih rendah dari hari-hari biasa. Antri mana-mana, kesulitan dapat tempat makanan, susah pesan mobil sewa, dll. Lonjakan jumlah wisatawan yang datang dari berbagai penjuru membuat pelaku usaha kelimpungan. Sehingga mereka hanya mampu melayani seada-adanya saja.

            Ke Bali saat musim liburan juga menyulitkan Anda saat ingin berfoto di spot-spot cantik dikarenakan banyaknya orang yang berlalu-lalang. Ketidaknyamanan demi ketidaknyamanan yang ditemukan bakal merusak mood Anda dan bikin pengalaman berwisata ke Bali jadi kurang berkesan.

Jalur Darat atau Laut? Why Not?

           

Paket Tour Nusa Penida 2021

Tidak satu jalan menuju Bali. Selama ini sebagian besar orang memilih menggunakan pesawat terbang pergi ke Bali karena lebih praktis dan menghemat waktu. Namun ongkos yang dibutuhkan juga besar sebab paket tour Nusa Penida 2021 tidak termasuk tiket dari tempat asal ke Bali. Yang ditanggung hanya tiket fast boat PP dari pelabuhan menuju Nusa Penida. Apalagi jika Anda ingin membawa serta pasangan sekaligus anak. Tentu saja lebih berat lagi biayanya.

            Tapi eits, jangan sedih! Bukan berarti niat jalan-jalan ke Bali harus batal sampai menunggu Anda punya berlimpah. Pakailah moda transportasi lainnya seperti kapal atau mobil/bus/kereta api. Selain lebih ekonomis, sensasi keseruannya juga berbeda. Apalagi dengan mobil, banyak kota atau desa yang akan Anda lintasi. Dengan demikian, banyak pula pemandangan baru yang Anda tangkap lewat indera.

            Sedikit lebih lelah memang. Tapi bila Anda menikmati perjalanan tersebut dengan hati riang, rasa lelah itu pasti tidak seberapa.

Buat Dulu List Tempat-tempat Wajib yang akan Dikunjungi

            Supaya tidak kebingungan begitu sampai di Bali, sebaiknya Anda sudah menyiapkan itinerary-nya terlebih dahulu sebelum berangkat. Biar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia selama berada di sana hanya karena mati gaya tak tahu harus ke mana. Untuk mengetahui di mana saja tempat-tempat terbaik di Bali, silakan browsing terlebih dahulu. Pelajari review dari para traveller yang sudah lebih dulu ke tempat-tempat tersebut.

            Tapi, bila Anda membeli paket tour Nusa Penida 2021, Anda tak perlu pusing-pusing lagi menyusun itinerary. Sebab, jadwal perjalanan dan daftar tempat-tempat yang akan dikunjungi sudah ditentukan oleh travel agent.

Pilih Paket Open Tour

            Banyak sekali pilihan paket wisata ke Bali yang ditawarkan travel agent. Ada yang konsepnya open tour, ada pula yang private tour. Jika budget Anda terbatas atau ingin berhemat, pilihlah paket open tour.

            Paket open tour ini sama halnya dengan sharing tour. Kita tidak berangkat sendirian, melainkan bersama sejumlah wisatawan lainnya yang mungkin tidak saling kenal satu sama lain. Biaya yang dibebankan per tiap kepala jadi lebih murah. Namun kuota minimal dan maksimal serta jadwal keberangkatannya sudah diatur oleh pihak travel agent. Kelemahannya, bila tidak kebagian kuota maka kita harus rela menunggu jadwal keberangkatan berikutnya. Privasi juga tidak ketat, karena Anda bercampur baur dengan yang lainnya.

            Sedangkan private tour, Anda bisa menentukan siapa peserta yang ikut dalam rombongan tersebut. Apakah itu keluarga, komunitas, atau pasangan Anda saja. Bisa mengatur jadwal keberangkatannya juga. Tidak ada kuota minimal dan maksimal karena bila Anda ingin pergi sendirian pun tour akan tetap dilaksanakan. Kelemahannya, harga paketnya lebih mahal.

Tidak Bergantung pada Pemandu Wisata

            Di luar Paket Tour Nusa Penida 2021, usahakan tidak bergantung pada pemandu wisata atau tour guide. Menggunakan jasa pemandu wisata memang lebih tenang. Kita tidak perlu takut nyasar. Tapi tipnya juga lumayan menguras isi kantong.

            Berbekal pengetahuan dan keberanian yang cukup, Anda bisa kok mengeksplore Bali sendirian. Apalagi saat ini Google dan beragam sosial media sudah sangat membantu sekali. Masyarakat Bali juga ramah-ramah. Kalau Anda “buta” arah mereka tak segan-segan untuk membantu.

Menyewa Mobil/Sepeda Motor dan Berjalan Kaki

            Sedapat mungkin hindari menggunakan taksi atau transportasi ojek online untuk bepergian. Apalagi selama di Bali pasti Anda akan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Bisa-bisa ongkosnya bikin Anda bokek.

            Perbanyaklah berjalan kaki bila jarak ke tempat tujuan tidak seberapa jauh. Banyak turis-turis mancanegara yang melakukan hal itu di Bali. Tapi bila tidak memungkinkan, sebaiknya carilah tempat-tempat penyewaan kendaraan seperti mobil, sepeda motor, atau bahkan sepeda dayung. Tidak sulit menemukan tempat-tempat penyewaan kendaraan seperti itu di Bali. Apalagi Anda datang di luar musim libur.

            Setelah membayar biaya sewa kendaraan, Anda bisa mengendarai kendaraan tersebut selama 24 jam. Jauh lebih ekonomis ketimbang pakai taksi atau transportasi online. Yang penting Anda bisa menyetir mobil/sepeda motor dan punya SIM.

Gunakan Uang Cash

            Andalkan uang cash daripada kartu kredit/debit untuk setiap transaksi yang Anda lakukan. Hal itu menghindari Anda dari pemborosan yang tidak disadari.

Bawa Makanan yang Tidak Gampang Basi

            Yang namanya tempat wisata, sudah barang tentu harga makanannya atau jajanan dominan mahal. Nah, supaya hemat bawalah beberapa makanan yang tahan lama dari rumah. Misal rendang, sambal goreng, pop mie, dan kopi renceng. Bawa seperlunya agar beban Anda tidak terlalu berat.

            Begitulah tips berlibur hemat dengan paket tour Nusa Penida 2021. Berwisata itu penting untuk membuka wawasan, tapi jangan sampai bikin Anda miskin setelahnya. Selamat berwisata. 

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021